Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memutuskan Bisnis Bareng Sahabat

0
19

Mendirikan sebuah bisnis memang tidaklah sulit, cukup dengan sedikit modal finansial dan kerja keras kita sudah bisa memiliki bisnis sendiri. Mendirikan bisnis sendiri memang agak berat karena semua harus dikerjakan sendiri, oleh karena itu banyak orang yang memutuskan untuk mendirikan bisnis bareng orang terdekat termasuk sahabatnya yang sudah akrab dan dikenalnya sudah lama. Kelebihan berbisnis dengan orang terdekat adalah kita sudah mempunyai rasa saling percaya satu sama lain. Akan tetapi, rasa saling percaya tidak bisa menjadi sebuah jaminan bahwa bisnis bisa berjalan lancar sesuai apa yang diinginkan. Oleh karen itu, dibutuhkan hal – hal penting yang harus dipikirkan dan dibuat sebelum mendirikan sebuah bsinis dengan orang ter dekat. Berikut adalah hal – hal yang harus diperhatikan betul sebelum bebisnis bareng sahabat.

  1. Pembagian yang adil

Keuntungan adalah tujuan akhir mengapa kita membangun sebuah bisnis. Seberapa besarpun keuntungan yang diperoleh harus dibagikan secara adil di antara pemiliknya sesuai yang perjanjian yang sudah disetujui pada saat awal pembentukan bisnis. Akan tetapi, terkadang memang sifat serakah ada pada diri manusia, sehingga tidak jarang terjadi konflik di antara pemiliknya dan berakhir dengan perselisihan yang tidak sehat. Oleh karena itu, perjanjian untuk pembagian yang adil sangat penting sebelum memulai bisnis bersama sahabat karena pasti nanti akan berdampak pada persahabatan kita sendiri.

  1. Peran dalam pekerjaan

Sebelum memulai sebuah pekerjaan, pembuautan job description adalah hal yang harus dilakukan agar pekerjaan tersebut bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Setiap orang pasti mempunyai peran dan bagian dalam pekerjaannnya sebagaimana yang sudah tertulis di job description. Pembagian akan peran dalam sangat penting terutama dalam hal akan mendirikan bisnis bareng sahabat agar tidak terjadi ketimpangan yang nantinya akan menyebabkan gesekan di antara para pemiliknya.

  1. Terjadinya konflik

Konflik adalah hal yang pasti terjadi di setiap elemen kehidupan, tidak terkecuali di dalam bisnis. Terjadinya sebuah konflik memang penyebabnya bisa bermacam – macam, dari hal sepele sampai hal serius. Mendirikan sebuah bisnis bareng sahabat memang menjadi hal yang sangat beresiko, salah satunya adalah bila terjadi konflik. Konflik bisa menyebabkan persahabatan menjadi renggang,, bahkan yang awalnya jadi sahabat kemudian bisa jadi musuh. Akan tetapi, terjadinya konflik itu sudah sangat biasa apalagi dalam berbisnis. Kuncinya bila tidak ingin ada perpecahan –bahkan bisa menjadi jalan naik sebuah bisnis- adalah kita fokuskan pada solusi, bukan konfliknya. Dalam banyak kasus, konflik lebih menjadikan bisnis terpecah karena semua pihak merasa yang paling benar. Ini malah memperparah keberadaan konflik itu sendiri, dan cara yang dilakukan bukanlah langkah yang tepat.

  1. Antara sahabat dan bisnis

Bagaimana bila terjadinya konflik yang serius dan berdampak sangat besar juga untuk bisnis yang sudah dibangun bersama? Memang akan sangat sulit untuk berada dalam keadaan yang seperti ini. Antara sahabat dan bisnis, dua hal yang gak mungkin kita memlihi salah satu untuk kita perjuangkan karena keduanya adalah hal yang penting dalam hidup. Bila terjadi konflik yang demikian mungkin akan sangat bijak bila membicarakn masalahnya apa dan fokus pada pencarian solusi bersama – sama untuk kebaikan bersama, baik untuk persahabatan dan bisnis juga.

  1. Rasa saling percaya

Kepercayaan adalah faktor yang paling penting dalam membangun sebuah bisnis, apalgi jika kita memutuskan untuk berbisnis dengan sahabat. Rasa saling percaya yang kita miliki adalah modal terbesar sebelum mendirikan sebuah bisnis, tanpa rasa saling percaya sebuah bisnis tidak akan bisa berjalan dalan berkembang. Akan tetapi, terkadang meskipun sahabat sendiri yang sudah lama kita kenal dan kita percaya masih bisa berkhianat kepada kita. Oleh karena itu, saling percaya saja tidak cukup dalam membangun sebuah bisnis. Hitam di atas putih sudah pasti harus dihadirkan untuk mengikat rasa saling percaya itu dan akan menjadi jaminana bahwa rekan bisnis kita adalah orang yang bisa dipercaya.

  1. Visi & misi

Keselarasan sangat diperlukan dalam membangun bisnis bersama agar bisnis bisa berkembang dan tumbuh dengat pesat. Dalam hal ini, visi dan misi adalah pegangan utama untuk bisa menjadikan bisnis kita menjadi bisnis yang kuat dan bisa tumbuh dengan cepat. Bila kita dan rekan bisnis mempunyai visi dan misi yang sama dalam membangun bisnis, hampir dipastikan nantinya bisnis tersebut akan berkembang dengan sangat baik dan mempunyai iklim kerja yang kondusif dan menyenangkan. sebaliknya, visi dan misi yang tidak menyatu hanya akan menggerus bisnis secara perlahan yang akhirnya akan menemui senjakala suatu saat nanti.

Bisnis bareng memang bukanlah perkara yang mudah palagi bisnis bareng orang terdekat kita termasuk sahabat. Bertahun sudah dikenal dan bisa dipercaya, tidak jarang dari mereka yang akhirnya berkhianat dengan mengorbankan persahabatan. Memang jarang ditemui bila bisnis bubar tapi tetap sahabatan, dan yang paling banyak ditemui adalah bisnis bubar dan persahabatan juga bubar. Akan tetapi, selalu ada kesempatan untuk kita menjadi pribadi yang lebih baik untuk orang – orang di sekitar kita. Pada akhirnya, tidak peduli orang itu mengaku sahabat atau bukan, bisnis bareng nyatanya memang sulit dan harus dilakukan dengan sangat hati – hati agar nantinya tidak ada yang dirugikan dan malah menguntungkan semua pihak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here